ASI for Alyssa





Menjadi seorang Ibu merupakan anugerah terindah sepanjang hidup ku, apalagi sampai bisa menyusui Ekslusif. Itu yang kurasakan saat ini. Ketika Hamil  anak ke2 aku sudah bertekad untuk bisa menyusui. Kesalahan pada Axel anak pertamaku harus bisa ku tebus. Tapi ketakutan untuk tidak bisa menyusui selalu menghantuiku hingga waktu itu pun tiba.



7 tahun yang lalu,,,,,


M. Axel Benicia Zamzami
Ketika Axel lahir 10 November 2007, pengetahuan tentang ASI tidak ku dapatkan, begitu pun dengan orang- orang di sekitar ku. Axel lahir Di salah satu RS Di Sidoarjo, pertama kali lahir axel sudah diberi kan susu formula oleh susternya, krn Axel Caesar jadi pemulihanku membutuhkan waktu yang lama. Karena dari awal sudah terkena dot akhirnya Axel tidak mau menyusu. Di tambah air Susuku tidak keluar. Waktu itu aku meminum obat binahong agar jahitan Caesar nya cepat sembuh. Jahitan nya sembuh tidak sakit tapi efeknya ASI ku jadi kering. Aku berusaha semampu ku dg segala cara agar bisa menyusui tp hasilnya nihil. Alhasil Axel tetap  pakai susu formula, dan sebisa mungkin ASI ku pompa dan kutaruh di dot meski ASI nya sedikit sampai Axel umur 2 th. Betapa menyesalnya aku saat itu, penyesalan itu terbawa hingga Axel dewasa, maafkan mama malaikat kecil ku Axel.

Alyssa Wilda Ufairah

Ketika mengandung Alyssa anak ke2, aku bertekad untuk bisa menyusui. Alhamdulillah,, Rumah Sakit tempat Alyssa lahir sangat pro ASI. Alyssa lahir tgl 31 Januari 2015 di Depok melalui Caesar juga. Begitu dia diangkat dari perutku langsung di taruh di dadaku untuk mencari puting ibunya namanya Inisiasi dini. Setelah kondisi ku membaik, masih dengan tangan di infus dan terlentang, Alyssa di taruh di dadaku untuk menyusu dibantu dengan susternya yg telaten. Tidak hanya itu, dokter Laktasi juga memberikan pengetahuan tentang ASI. Dia bilang bahwa bayi lahir masih membawa makanan dari kandungan dan bertahan selama 3 hari, sehingga saat bayi lahir, menangis tidak boleh langsung diberikan sufor, tetapi berlatih untuk menghisap puting ibunya. Dokter itu juga bilang, "semua wanita bisa menyusui kecuali yang mempunyai penyakit. Mengsugesti pikiran kita bahwa kita bisa menyusui, maka ASI akan keluar dg sendirinya".

Dari penjelasan dokter tersebut, aku mengsugesti diri sendiri agar ASI ku keluar tanpa harus ada obat pelancar ASI, dan tanpa binohang agar kejadian masa lalu tidak terulang kembali. Alhamdulillah,,, berhasil. Alyssa ASI Ekslusif. Dan bertekad sampai umur 2 tahun atau sampai produksi ASI ku habis.




Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, kesalahan di masa lalu harus bisa di perbaiki di masa depannya.

Ooh... Malaikat- Malaikat kecilku, kalian adalah belahan jiwa mama.. Mama selalu mencintai kalian dunia akhirat.











Komentar